WORKSHOP PENGELOLAAN NAMA DOMAIN DAN DNS SECURITY TA. 2020

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan pendaftaran nama domain dan pengelolaan serta menjamin keamanan dalam penggunaannya yang dilakukan secara bersama Pandi dan Pusinfolahta TNI, dilaksanakan kegiatan “Workshop Pengelolaan Nama Domain dan DNS Security TA. 2020”.

Acara dibuka oleh Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Agus M. Bahron dan dihadiri oleh Ketua Pandi Prof. Yudho Giri Sucahyo,Ph.D, bertempat di Ruang Rapat Pusinfolahta TNI, Kamis, (26/11/2020).

Dalam amanatnya Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Agus M. Bahron mengatakan bahwa perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat membuat keberadaan internet saat ini menjadi sebuah kebutuhan pokok. Peran dan fungsi internet tidak bisa dilepaskan dari fungsi nama domain pada sebuah website.

 

Di Indonesia, sistem administrasi dan pengelolaan domain ditangani oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI), Khusus mil.id, karena digunakan untuk kalangan militer sehingga TNI mempunyai wewenang untuk mengelolanya, dalam hal ini berada di Pusinfolahta TNI sesuai Keputusan Panglima TNI No. Kep. 929/XI/2015 tanggal 6 November 2015 tentang Petunjuk Administrasi Pengelolaan Nama Domain di Lingkungan TNI.

Terkait hal pengelolaan domain tersebut, atas inisiasi Pandi yang telah lama berpengalaman dalam urusan internet di Indonesia maka dipandang perlu untuk berbagi informasi dan pengalamannya pada kegiatan workshop ini kepada personel TNI guna meningkatkan kemampuan SDM di era perkembangan teknologi informasi.

Kapusinfolahta TNI berharap dengan diselenggarakannya workshop seluruh peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru khususnya dalam pengelolaan dan pengamanan domain, serta dapat menjadi wadah komunikasi, interaksi, diskusi dan koordinasi.

 

 10,796 total views,  4 views today