Rakornis Infolahta TNI TA. 2020

Askomlek Panglima TNI : Integrasi Data Dan Sistem Informasi TNI Sangat Penting

11  Maret 2020

Askomlek Panglima TNI membuka Rakornis Infolahta TNI

Untuk menjawab tantangan tugas Pusat Informasi Pengolahan Data (Pusinfolahta) TNI kedepan, maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengintegrasikan data di lingkungan TNI dan penyiapan sistem informasi TNI, bersinergi dengan Disinfolahta Angkatan guna membangun big data TNI yang komplek, up to date dan real time, sehingga dapat digunakan sebagai bahan bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan TNI. Hal disampaikan Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Panglima TNI Laksda TNI Lutfi Syaefullah, S.H., M.M saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Infolahta TNI tahun 2020 di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/3/20).

Askomlek Panglima TNI menegaskan, bahwa perkembangan operasi TNI Tri Matra terpadu dengan basis teknologi terkini yang meliputi Network Centric Warfare, C4ISR dan Cyber Warfare dibutuhkan pembangunan infrastruktur dan pengembangan sistem informasi TNI yang terintegrasi.

“Dalam mewujudkan data yang terintegrasi dan sistem informasi tersebut tentunya tidak terlepas dari aspek keamanan, kerahasiaan, kecepatan dan keakuratan serta tetap terjaganya jaringan online, oleh karena itu diperlukan personel yang profesional dan siap setiap saat mengatasi permasalahan yang terjadi,’kata Askomlek Panglima TNI.

Dalam kesempatakan tersebut Kapusinfolahta  TNI Marsma TNI Agus M. Bahron juga memberikan Pembekalan kepada para peserta Rakornis diantaranya tentang tantangan utama integrasi sistem yaitu bagaimana mengembangkan model dan metodologi yang mengarah ke berbagai solusi interoperabilitas antar sistem yang diintegrasikan. Di akhir pembekalannya Kapusinfolahta TNI berharap dengan adanya Rakornis ini akan meningkatkan Sinergitas  Infolahta TNI dan  Penguasaan Teknologi Informasi, serta melaksanakan pengembangan sistem operasi Tri Matra yang berbasis teknologi (Network Centric Warfare, C4ISR & Cyber Warfare).

 525 total views,  33 views today