Kehadiran dan Peran Infolahta TNI Kian Dibutuhkan

Dalam mewujudkan Tata Kelola Teknologi Informasi di lingkungan Mabes TNI, pada hakekatnya ditujukan untuk mendukung TNI yang solid, kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat, dengan harapan kehadiran dan peran Infolahta TNI akan semakin dibutuhkan dan bermanfaat dalam rangka mendukung tugas-tugas di lingkungan TNI saat ini dan di masa mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Informasi Pengolahan Data (Kapusinfolahta) TNI Marsma TNI Hadi Suwito, S.E., ketika memberikan pembekalan dihadapan 102 peserta Rapat Koordinasi Teknis Informasi Pengolahan Data (Rakornis Infolahta) TNI tahun 2016, yang mengangkat tema “Melalui Rakornis Infolahta TNI tahun 2016, Kita Wujudkan Tata Kelola Teknologi Informasi TNI Dalam Rangka Mendukung TNI Yang Solid, Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat” bertempat di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/3/2016).

Menurut Marsma TNI Hadi Suwito, S.E., Tata Kelola Teknologi Informasi yang akan dilaksanakan di lingkungan Mabes TNI merupakan sesuatu hal yang sangat penting, harus dipenuhi dalam pengelolaan sistem informasi, teknologi komunikasi dan hukum, yang melibatkan hampir seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), hal ini terkait dengan keberadaan tata kelola teknologi informasi itu sendiri yang dapat membantu pemenuhan data dan informasi secara efisien, efektif dan terjamin.

“Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) di lingkungan Mabes TNI dan roadmap pembangunan yang dilaksanakan berorientasi pada perencanaan strategis, sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran negara,” ucap Kapusinfolahta TNI.

Disamping itu, Marsma TNI Hadi Suwito, S.E. juga menuturkan bahwa, agar Tata Kelola Teknologi Informasi di lingkungan Mabes TNI dapat terealisasikan dengan baik maka dibutuhkan kerangka kerja (framework), yang akan mendasari dalam melakukan tata kelola tersebut. “Pendefinisian strategi dan kontrol tersebut meliputi governance strategic. Strategi yang digunakan dalam membangun Tata Kelola Teknologi Informasi itu sendiri dan kontrol bagaimana kita melakukan pengendalian, baik itu pengawasan terhadap tata kelola itu sendiri, dan rule of law yang mengikat para stakeholder di bidang pengelolaan Informasi Teknologi.

Mengakhiri pembekalannya Kapusinfolahta TNI Marsma TNI Hadi Suwito, S.E. menjelaskan beberapa komponen-komponen dari Tata Kelola Teknologi Informasi antara lain seperti value delivery, fokus dengan melaksanakan proses Teknologi Informasi agar supaya proses tersebut sesuai dengan siklusnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan, sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi organisasi khususnya TNI. Dan risk management, untuk meminimalisir resiko kegagalan dalam pembangunan sistem informasi, untuk itu diperlukan suatu konsep yang jelas dan terukur dalam membangun suatu sistem informasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. (Puspen TNI)

335 total views, 1 views today